Kamis, 27 Desember 2007

Celuk "pengrajin emas dan perak"

Celuk merupakan salah satu desa yang ada di Bali yang terletak di kabupaten Gianyar yang terkenal dengan pengrajin emas dan perak. hasil kerajinan emas dan perak tersebut sudah terdengar sampai di luar daerah bahkan njuga sampai di luar negeri. dari adanya kerajina emas dan perak tersebut dapat menyerap tenaga kerja yang berasal daridaerah Bali tersebut dan juga berasal dari luar Bali, tetapi tenaga kerja yang datang ke Bali pada umumnya adalah mereka yang memiliki skill atau keterampilan. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bali juga berkunjung ke Celuk untuk mencari hasil kerajinan emas dan perak dan juga untuk melihat bagaimana cara pembuatan kerajinan emas dan perak tersebut. Karena masyarakat Celuk merupakan masyarakat yang terbuka, mereka telah mengenal berbagai macam perkembangan teknologi termasuk teknologi untuk membuat kerajinan emas dan perak. denagan mengenalnya perkembangan teknologi yang ada,mereka dalam satu minggu dapat memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan dahulu saat belum ditemukannya teknologi untuk membuat kerajinan emas dan perak, selain itu mereka juga dapat memasarkan hasil kerajinan tersebut melalui internet dan juga mereka dapat mengikuti pameran yang ada di luar negeri.
Adanya peristiwa bom bali yang terjadi kemarin, sedikit banyak juga berpengaruh bagi Celuk karena dengan adanya bom bali tersebut membuat wisatawan takut untuk datang ke Celuk khususnya Bali, sehingga penghasilan mereka menjadi menurun. Tetapi mereka tidak putus asa dengan kejadian tersebut, mereka berusaha untuk tetap memasarkan hasil kerajinan tersebut melalui pameran dan juga melalui internet.
Banyaknya pendatang yang ada di celuk juga mempengaruhi bagi masyarakat Celuk yaitu memudarnya nilai kegotong royongan di masyarakat Celuk dan juga tidak sedikit dari para pendatang yang belum bisa menghormati adat-istiadat yang ada di celuk. tetapi dengan adanya pendatang yang ada di Celuk juga menguntungkan bagi para pengrajin, yaitu upah pekerja murah dan dalam waktu yang singkat mereka dapat memprodusi kerajinan emas dan perak dalam jumlah yang bayak.
Pemerintah Bali juga sudah menetapkan aturan bagi mereka yang datang ke Bali juga Celuk yang lebih dari 1x24 jam diwajibkan untuk membuat kartu ijin tinggal semantara dengan biaya yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar: